lima Aplikasi Lokal terpopuler di play store

VIVA.co.id - Google turut merayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-70. Untuk itu, anak usaha Alphabet itu merilis lima aplikasi populer buatan Indonesia di PlayStore.

Dalam sebuah keterangan tertulis Google kepada VIVA.co.id, Kamis, 13 Agustus 2015, dikatakan kelima aplikasi ini asli kreasi lokal dengan popularitas tertinggi di antara pengguna ponsel Android di Tanah Air. Google menjelaskan, aplikasi yang dirancang mereka ini memberi kemudahan bagi netizen menjalani rutinitas sehari-hari. Mulai dari komunikasi hingga mendapatkan bantuan transportasi.

Namun disayangkan, pihak Google tak menjelaskan berapa jumlah unduhan masing-masing lima aplikasi lokal ini pada toko Android itu.

"Google Play terus berkomitmen untuk membantu pengembang-pengembang lokal di Indonesia untuk bisa menunjukkan kreasi mereka kepada dunia. Ini sekaligus membantu memberikan pengalaman yang lebih baik bagi para pengguna smartphone yang terus berkembang di Indonesia," tutur Google.

Berikut kelima aplikasi lokal yang berada di jajaran teratas Google Play Store.

1. Wisata Lokal

Sudah menjadi rahasia umum, apabila Indonesia merupakan surga bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Dengan negara yang kaya akan alam dan cerita kebudayaan, ini menjadi tawaran menggiurkan untuk dieksplorasi.

Bagi Anda yang berencana untuk menjelajahi Tanah Air, aplikasi ini
memiliki informasi yang komprehensif mengenai destinasi wisata lokal. Data yang mereka miliki cukup lengkap, seperti atraksi wisata berdasarkan provinsi, taman nasional, dan pulau, lengkap dengan foto, peta, ulasan pengunjung, dan fitur untuk berbagi informasi lewat media sosial.

Selain itu juga, terdapat data mengenai pusat jajanan hingga tempat belajar alat musik lokal. Aplikasi Wisata Lokal akan mengubah smartphone Anda menjadi travel guide lokal yang komprehensif.

2. Qlue: Jakarta Smart City

Dengan menggunakan foto dan lokasi, Qlue yang tak lain merupakan aplikasi media sosial ini akan memberikan kemudahan bagi pengguna untuk melaporkan dan mendiskusikan masalah pada lingkungan sekitar mereka, seperti sanitasi, jalan rusak, dan lainnya.

Bekerja sama dengan pemerintah DKI Jakarta untuk mengembangkan program Jakarta Smart City, aplikasi ini membantu pemerintah dalam memonitor dan menyelesaikan masalah-masalah yang dilaporkan. Diketahui, Qlue juga membantu pengguna menemukan bisnis di sekitar mereka. Pengguna bisa memberikan ulasan agar bisnis-bisnis tersebut semakin berkembang.

3. PicMix: Collage Photo Maker

Mungkin untuk aplikasi satu ini sudah banyak beredar dan tersemat pada para pengguna smartphone. Ya, PicMix merupakan aplikasi buatan lokal. Aplikasi foto dan kamera ini tak kalah menampilkan fitur layanan dengan aplikasi luar negeri. Dengan fitur frame dan stiker yang kreatif, PicMix membuat pengalaman berbagi foto ke media sosial dan aplikasi chatting menjadi lebih menyenangkan.

4. Go-Jek

Saat ini, Go-Jek sedang menjadi primadona bagi masyarakat ibu kota untuk dijadikan salah satu moda transportasi umum. Begitu juga yang terjadi pada aplikasi Go-Jek menjadi yang terpopuler di platform Google Play Store.

Go-Jek menawarkan beberapa layanan, mulai dari jasa antar jemput penumpang, mengantarkan makanan, hingga membeli makanan yang Anda inginkan kapan saja pun bisa dilakukan oleh Go-Jek. Aplikasi Go-Jek di Android membuat pengalaman ini menjadi dua kali lipat lebih nyaman, cepat, dan mudah diaskes.

5. Traveloka App

Selain harga yang ditawarkan oleh Traveloka terjangkau, faktor lain yang membuat aplikasi ini sangat populer bagi pengguna Android adalah adanya informasi tampilan harga net. Artinya, tidak ada lagi biaya tambahan atau tersembunyi yang perlu dibayarkan. Traveloka App juga memberikan kemudahan penggunanya untuk booking hotel dan informasi tiket pesawat murah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "lima Aplikasi Lokal terpopuler di play store"